15 Kota Dunia Sahabat Pesepeda




Di berbagai kota di Indonesia semakin banyak yang bersepeda. Coba saja tengok akhir pekan di Jakarta atau Bandung, jalanan dibanjiri pesepeda. Gerakan bersepeda ke kantor pun kian melonjak peminatnya.


Meski pesepeda kian bertambah, kota-kota besar di Indonesia kurang bersahabat bagi pesepeda. Nah, Anda ingin tahu kota mana saja yang bersahabat bagi pengendara sepeda, matadornetwork.com dalam 2011 menyebutkan 15 kota tersebut.


Inilah ibu kota pesepeda di Eropa. Amsterdam merupakan kota paling bersahabat bagi pengendara sepeda. Jalanan yang aman dan panjang, keseriusan pemerintah dalam promosi, budaya bersepeda yang bisa menembus batasan kelas merupakan alasan mengapa 40 persen penduduk kota ini beralih ke sepeda.


Barcelona’s Biking program, merupakan satu dari sekian banyak sistem penyewaan sepeda yang saat ini berkembang di Eropa dan sekitarnya. Program ini dilansir pada 2007.


3. Berlin, Jerman
Komunitas pesepeda Berlin sendiri saat ini mencapai 400.000 pesepeda. Pimpinan kota tetap kurang puas dengan hasil ini, dan jutaan euro digulirkan untuk membuat orang mau bersepeda. Salah satunya adalah dengan membuat situs yang membantu Anda mengetahui rute bersepeda di kota ini.


Di ibu kota negara ini, sekitar satu dari tiga pekerja menggunakan sepeda menuju kantornya. Untuk kota alternatif dan ramah bagi pesepeda, Anda bisa mencoba Christiania, kota yang memiliki 850 penduduk dan memiliki pemerintahan semi-independen. Di kota ini mobil dilarang beredar.


Paris mendapat perhatian karena kreasinya yang dinamakan ofVélib’, satu dari program penyewaan sepeda terbesar di dunia. Sebanyak 20.000 sepeda didistribusikan di antara 1.450 pusat penyewaan di seluruh negeri. Tersedia dalam beberapa harga sewa (mengendara kurang dari 30menit tidak dikenai biaya alias gratis).


Kota kecil dekat Denver mendedikasikan 15 persen dari anggaran transportasi untuk menyediakan dan mempromosikan penggunaan sepeda. Hampir semua jalan utama dirancang sebagai area bersepdea, bahkan kota ini merancang program bersepeda bagi anak-anak ke sekolah. Kota ini juga menyediakan peta berwarna bagi pengendara sepeda, lengkap dengan atraksi-atraksi lokal.


Pada masa akhir kepimpinannya, Walikota Chicago Richard Daley berencana membuat Chicago sebagai “kota paling bersahabat bagi pengendara sepeda di AS”. Sepertinya hal itu bukan hanya sekedar omongan, karena saat ini banyak jalur bersepeda bermunculan dan produk-produk hukum yang melindungi keamanan para pesepeda dalam berkendara.


Kota kecil ini memiliki lebih banyak sepeda dibanding mobil. Kota yang terletak di bagian utara California memiliki penduduk 65,000 jiwa. Tidak hanya itu, mereka punya moto “Kota paling bersehabat bagi pesepeda di seluruh dunia”. Mereka juga punya program sepeda bulanan sepanjang Mei.


Ibu kota Kanada ini meklaim memiliki presentasi paling tinggi pengguna sepeda di seluruh negara. Ada 170 km jalur sepeda yang menghubungkan titik A ke B, meskipun trafik bagi pengendara roda dua ini menurun pada saat Desember dan Maret.


Kota ini tidak akan terlupakan sebagai ibukota para pesepeda di AS. Selain infrastruktur jalur sepeda yang impresif (meliputi 206 mil jalur) dan jumlah komuter (hampir 10 persen, paling tinggi di AS), Portland terkenal karena persaudaraan yang kuat antar sesama komunitas pesepeda.


Dikenal sebagai kota yang memulai gerakan kumpulan pengendara sepeda mengambil alih jalan di seluruh dinia. Selama 10 tahun terakhir, kecelakaan bersepeda menurun dan komunitas bersepeda naik hampir dua kali lipat.


Sebagai tambahan kota ini berinisiatif menghilangkan parkir mobil dan membuat parkir sepeda. Menyebarkan stiker “Watch for Bikes” untuk ditempatkan di kaca samping para pengemudi danprogram bantuan bagi para pemula.


Meskipun diragukan, tetapi di kota ini Jumlah pengendara sepeda tidak bisa dipungkiri bergabung dengan infrastruktur modern dalam hal perjalanan, tempat penyimpanan dan perbaikan roda dua ini.


Kota-kota di Afrika bukan hal pertama yang akan muncul bagi pengendara sepeda. Tapi Cape Town berbeda. Pusat negara Afrika Selatan ini berkomitmen menciptakan jalur bersepeda, menyediakan parkiran sepeda dan tempat mandi bagi komuter.


Perubahan transportasi di Bogotá sudah menjadi model perubahan di seluruh Amerika Latin, karena perlakuannya terhadap sepeda tanpa pengecualian. Jalur yang aman, pemisahan jalur sepeda dan even Sunday Ciclovía (dimana jalan-jalan utama ditutup bagi mobil) membuat pengendara sepeda di Bogota sangat senang.


Dengan lebih dari 700 km jalur bersepeda dengan banyak pemandangan yang bisa dilihat. Kota ke-4 terbesar di Australia ini menyediakan semua itu. Cari peta, maka Anda bisa menemukan jalur-jalur yang direkomendasikan atau Anda bisa mengunjungi laman Perth Bike Maps.